ACARA 17 AGUSTUS

23.18 1 Comments


ACARA 17 AGUSTUS

             Seluruh masyarakat Indonesia pasti sudah tau 17 Agustus yaitu Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Semua Wilayah di Indonesia pasti selalu merayakannya dengan tradisi diadakan lomba 17 Agustus dengan berbagai macam budaya mereka mengadakan lomba tersebut. Begitu juga dengan saya juga merayakannya dengan mengadakan lomba di RT maupun RW.  Kalau acara perlombaan di RW tersebut diadakan secara duluan karena jangka waktu yang panjang serta pesertanya yang banyak dalam berbagai bidang yang dilombakan, dan akan menjadi acara sebuah puncak dari perlombaan kemerdekaan.
            Biasanya bidang yang sering dilombakan di RW yaitu futsal anak-anak , volley , badminton , tenis meja dan masih banyak lagi. Lomba tersebut di adakan 2 bulan sebelum hari Kemerdekaan, karena kita melombakannya setiap hari Minggu supaya semua bisa melihat pertandingan tersebut. Manfaat acara lomba ini yaitu mempererat silaturahmi antara sesama RT satu dengan yang lain , memperbanyak ilmu pengetahuan karena bisa saling share. Dan sehabis acara lomba itu selesai biasanya akan malam puncak kemerdekaan yang diadakan seminggu setelah hari Kemerdekaan.
          Kebetulan saya dipanggil untuk ikut jadi panitia dalam acara malam puncak dan panitia perlombaan tersebut. Awalnya saya canggung namun lama kelamaan diajarin sama senior yang sudah berpengalaman menjadi bisa dalam menjadi panitia tersebut. Tugas saya disini sebagai Humas (Hubungan Masyarakat) yaitu memberitahukan informasi kepada semua orang yang berkaitan dengan acara 17 Agustus. Sayapun tidak sendiri dengan kaka senior yang akan dampingin saya sebagai Humas.
         Saya sebagai pemula di organisasi ini belum terlalu tau dan masih banyak yang belum dimengerti , saya selalu bertanya kepada kaka senior tentang tugas Humas itu apa. Percakapan yang terjadi antara saya dan kaka senior                                                                                                    Saya              : “Ka sebenernya fungsi Humas itu sebagai apa sih?”
Kaka senior   : “Fungsi Humas itu sebagai orang yang memberi informasi tentang apapun      kepada semuanyaa “
Saya              : “Contohnya gimana ka kalau oleh tau ?”
Kaka senior   : “Simple ajaa misalnya bagiin undangan rapat kepada warga”
          Itulah sedikit percakapan saya dengan kaka senior banyak yang dapat dipelajari dari tugas Humas tersebut, ternyata saya masih kurang berpengalaman dan harus sering-sering bertanya kepada kaka senior. Selanjutnya kembali masalah acara 17 agustus di sana kami panitia ingin membuat acara yang bukan sekedar acara saja, tapi mempunyai sebah arti dan makna dari sebuah Kemerdekaan itu sendiri.
         Acara 17 agusutus tersebut kami ingin isi dengan di adakan lomba 17 agustus dari anak-anak hingga dewasa harus ikut ini bertujuan supaya kitadapatmerasakan arti dari kemerdekaan. Selanjutnya yaitu acara malam puncak yang berkonsep seperti acara yang lainnya , maksudnya ada tampilan nari dari perwakilan masing-masing RT tentunya tarian tersebut tarian daerah, selanjutnya ada penyerahan piala dan hadiah yang udah ditandingkan dalam lomba tersebut. Kemudian acara penampilan band dari setiap RT atau kita ingin membuat acara seperti teater musikal.
        Seperti rencana sebelumnya kami ingin mengadakan lomba tersebut antara RT mulai dari lomba futsal, badminton , volley dan teniss meja. Itu kami adakan sebulan sebelum 17 agustus. Selanjutnya setelah lomba tersebut kami para Humas segera membagigan undangan kepada warga masyarakat agar dateng acara malam puncaknya, undangan tersebut kami bagikan jauh-jauh hari supaya warga tidak kaget atau buru-buru dan merencanakan agar bisa dateng pas acara malam puncak tersebut.
        Acara malam puncak tiba semua panitia yang ikut terlibat dalam pembuatan panggung dan segala macem sudah berusaha maksimal, sekarang tinggal memulai acaranya dengan penyambutan ketua RW dan ketua panitia tersebut. Sehabis itu ada tarian dari anak-anak tentunya tari daerah dan dari setiap RT harus tampil memberikan tampilan terbaik mereka. Selanjutnya penyerahan hadiah , piala dan menentukan juara umumnya dan yang menjadi juara umummnya yaitu dari RT01 dengan memenangkan 3 dari 5 pertandingan yang diadakan.
          Semalin malam semakin meriah acara malam puncak tersebut karena semua band pada tampil dari masing-masing RT untuk menghibur para undangan yang hadir, mereka semua menikmatinyaa semuanya dateng dari anak-anak sampai orang tua semua hadir dan larut dalam kesenangan acara yang kami buat.


Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 komentar: