PENGALAMAN SBMPTN 2013

18.59 0 Comments

PENGALAMAN SBMPTN 2013

                 Disini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya mengikuti test SBMPTN 2013.  Menurut saya ini pengalaman yang paling berkesan dalam hidup saya karena butuh perjuangan untuk mengikuti tersebut walaupun saya tidak diterima di PTN impian saya. Saya berasal dari SMK yang notabennya kalau lulus siap kerja tetapi saya ingin menggapai cita-cita saya dengan kuliah di Pergruan Tinggi Negeri yang saingannya berat-berat dalam arti pinter-pinter , ini test seluruh indonesia untuk mendapatkan kursi di perguruan tinggi tersebut.
                 Pertama saya mencari informasi untuk masuk ke PTN impian saya itu, saya mengetahui bahwa ada jalur test benama SBMPTN yang bisa masuk ke PTN tersebut. Sehabis itu saya bertanya-tanya kepada teman SMA saya yang ingin juga masuk PTN dan lewat jalur SBMPTN
Saya         : “San coba jelaskan jalur SBMPTN itu seperti apa saya masih kurang paham”
Sandy       : “SBMPTN itu seleksi bersama masuk Perguruan tinggi negeri yang dimana di test tulis dengan akademik TKDU dan lain lainya tergantung kita memilih kelompok IPA atau IPS”
Saya        : “Kalau saya kan SMK itu termasuk kelompok IPA atau IPS ?”
Sandy      : “Itu tergantung jurusan yang kamu pilih dikuliah nanti, misalnya tenik mesin itu ada dikelompok IPA sedangkan kelompok IPS itu yang macam-macam sastra gitu”
Saya        : “Kalau untuk yang ditestkan biasanya meliputi apa saja sand “?
Sandy      : “Untuk test di hari pertama yaitu sama TKDU dan TPA , kalau untuk hari ke 2 itu beda kalau misalnya milih kelompok ipa akan dapet test yaiu saintek kalau ips ada lagi”
Saya        : “Kalau untuk tempat tesnya itu dimana di sekolah-sekolah atau di suatu tempat yang luas seperti test cpns gitu ?”
Sandy     : “Kalau itu biasanya di sekolah tetapi itu di tentukan oleh panitia saat kamu daftar SBMPTN tersebut, jadi sesudah daftar kamu dapet mengetahui sekolah mana yang akan menjadi tempat test kamu”
               Setelah saya betanya kepada temen saya dan saya terus mencari informasi tentang SBMPTN tersebut lalu kemudia saya mendaftarkan diri kebetulan daftarnya online jadi bisa secara cepat dan mudah. Saya memilih kelompok IPA dengan jurusan Sistem Informasi dan tempat test saya kebagian di SMAN 58 Jakarta Timur, Ciracas . Awalnya saya bingung itu dimana tempatnya jauh atau deket dari rumah saya , setelah saya observasi seminggu sebelum test bersama Ayah saya ternyata itu tempatnya lumayan  jauh hampir mendekati Depok perjalanan kira-kira 2 jam.
           Setelah mengetahui tempat test tersebut kemudia saya kembali belajar untuk menghadapi test tersebut dan Ayah saya membelikan buku Sukses PTN yang berisi tentang soal-soal SBMPTN dan pembahasannya.Dengan buku tersebut tentunya sangat membantu saya walaupun saya agak sedikit mengerti. Hari test SBMPTN telah tiba saya sudah melakukan semaksimal saya, testnya dimulai jam 07.30 saya dari rumah berangkat jam 05.00 karena di perjalanan memakan waktu 2 jam.
           Sesampainya disana saya langsung menuju ruangan tempat test tersebut ternyata disana sudah rame para peserta yang mengikuti test tersebut. Lalu saya berkenalan dengan peserta tersebut yaiu namanya Randy kemudia saya berbincang-bincang dengan dia. Ternyata dia sama juga ingin masuk PTN impian saya tetapi beda jurusan. Test pun dimulai yaitu TKDU dan TPA, setelah test tersebut saya langsung pulang karena ingin belajar lagi untuk test ke2 tersebut yaitu Saintek.
            Hari ke 2 pun dimulai seperti biasa saya dari rumah jam 05.00 dan seseampainya disana saya kembali mengreview pelajaran yang saya pelajari semalam. Test pun selesai apapun hasilnyaditerima atau engga di PTN tersebut setidaknya saya sudah berusaha semaksimal mungkin dan tidak ada penyesalan tentunya. Tiba hari dimanapengumuman SBMPTN saya lalu menge check di website SBMPTN dan ternyata hasilnya saya tidak di terima di PTN impian saya tersebut, saya agak sedikit kecewa karena saya berharap masuk di PTN tersebut tapi tidak apa-apa inisebagai pembelajaran untuk kelakmendatang supaya saya lebih rajin belajarnya agarlolos SBMPTN dan diterima Ddi PTN imipan saya tersebut.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: