BERSOSIALISASI DI SEBUAH ORGANISASI

23.15 0 Comments


BERSOSIALISASI DI SEBUAH ORGANISASI

                Di dunia perkuliahan bersosialisasi dengan sesama mahasiswa itu sangat penting karena kita mahkluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain. Waktu saya memasuki dunia perkuliahan ternyata sangat luas dalam segi apapun waktu dibandingkan dengan masa SMA/SMK. Diperkuliahan saya mengikuti sebuah organisasi yang berada dijurusan saya yaitu HIMSI (Himpunan Sistem Informasi). Disana saya dapat mempunyai banyak temen , wawasan yang sangat luas ,ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan masih banyak lagi di segi positifnya.
               HIMSI tersebut berlaku untuk semua mahasiswa sistem informasi, dan bagi yang ingin bergabung akan diadakan interview. Di dalam interview tersebut sebagai tolak ukur kita apakah kita serius dalam memasuki organisasi HIMSI tersebut. Interview tersebut diadakan pada hari sabtu. Hari dimana interview itu tiba , pas saat di interview saya ditanyakan beberapa pertanyaan oleh kaka senior :
Kaka senior  : “Apakah alasan kamu masuk organisasi HIMSI ini ?”
Saya              : “Untuk menambah wawasan, pengalaman, dan rasa percaya diri”
Kaka senior  : “Apa kekurangan kamu ?”
Saya              : “Kurang rasa percaya diri untuk mengomong di depan semua orang”
Kaka senior   : “Apakah kamu diperbolehkan pulang malam ketika disuruh rapat HIMSI ?”
Saya               : “Tentu boleh asal sudah minta izin orang tua”
Itu kurang lebih yang ditanyakan pada saat interview. Pas saat selesai interview saya bertemu teman yang beda kelas dengan saya ternyata dia ikut juga interview tersebut. Lalu kita pun berbincang-bincang sebentar ,pas saat saya tanyakan “kenapa kamu ikut HIMSI?” tenyata dia menjawab seperti yang saya jawab pass saat interview “Untuk menambah wawasan, pengalaman, dan rasa percaya diri”


 Setelah seminggu berlalu dari interview tersebut sayapun mulai aktif dalam bersosialisasi di organisasi tersebut, mulai dari rapat yang di adakan setiap seminggu sekali tersebut. Di sana saya dapat berbagai pengalaman dan pengetahuan karena saat rapat tersebut kita saling sharing apa yang menjadi masalah kita untuk maju ke depan atau sharing yanglain yang jelas disini sharingnya secara umum bisa apa aja di ungkapkan . Dan kaka senior mencari solusi dari masalah-masalah yang kita tanyakan tadi entah itu maslah dalam belajar akademik atau non akademik.
                  Kegiatan pertama yang saya lakukan yaitu MAKER himsi dimana disitupara alumni berkumpul semua untuk bersilatuhrahmi dengan para mahasiswa baru. Acara tersebut di adakan di Sukabumi selama 3 hari 2 malam. Disana saya dapat berbagai pengalaman baru seperti mendapat teman bru dari Depok, Salemba, Cikarang , dan lain-lain. Selama disana didik unutk belajar mandiri dan arti sebuah organisasi itu apa , bagaimana kita nanti bisa bersosialisasi di luar dengan masyarakat umum , nah disini kami dapat pembelajaranitu dimulai dari hal kecil seperti struktur organisasi , kepemimpinan , tugas-tugasnya dan syarat-syarat untuk berorganisasi.
                Setelah kegiatan MAKER himsi selesai saya dapat pembelajaran bahwa kita itu satu, solid dalam arti kalau misalnya teman ada kesusahan ya kia bantu dan ada temen yang berbuat salah kita nasihati, di acara tersebut diajarkan rasa solidaritas yang begitu tinggi. Selanjutnya kami mengadakan bakti sosial yang dituju yaitu anak-anak kurang mampu kita berikan bantuan dan pembelajaran gratis dari hasil bakti sosial tersebut.
                Bakti sosial tersebut pertama kami menggalangkan dana untuk kegiatan tersebut , kami mulai berkeliling untuk mencari dana tersebut. Sebetulnya kami ingin menggunakan sponsor tapi kata kaka senior itu terlalu ribet dan itu hanya unutk acara-acara besar seperi seminar dan workshop sedangkan ini hanya acara kecil yaitu bakti sosial. Karena ada maksud dan tujuan kami tanpa sponsor yaitu menguji kita apakah kita bisa mandiri dan me manage waktu tersebut. Dan masih banyak lagi manfaat dari sebuah organisasiuntuk bersosialisai dengan masyarakat umum.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: