TEST CPNS

09.07 0 Comments



TEST CPNS

                    Ini adalah pengalaman yang pertama kali bagiku mengikuti test CPNS, setelah saya lulus SMK saya mencari informasi tentang lowongan kerja dan perguruan tinggi tetapi ada temen saya yang memberitahu bahwa dibuka lowongan untuk menjadi PNS. Setelah saya check ternyata benar semua bidang menteri membuka lowongan tersebut, lalu saya terus mencari informasi lagi dan baru pertama kali tahun ini lulusan SMA/SMK bisa mengikuti test CPNS dan ada lowongannya. Saya daftar di Menteri Keuangan karena disana ada jurusan saya yaitu mesin sebagai Operator mesin dan yang dibutuhkan adalah 100 orang.
                   Kemudain saya mulai mendaftar dengan melihat syarat-syaratnya sebagai berikut:
1.      Transkip nilai Ijazah
2.      Fotocopy Ijazah
3.      Fotocopy KTP
4.      SKCK
5.      Kartu Kuning
6.      Surat Kesehatan
7.      Surat Bebas dari Narkoba
Itu sebagian yang saya tau secara umumnya, setelah mendaftar online lalu disuruh masukan nilai transkip Ijazah dengan nilai minimal 7.0 dan ternyata saya 8.1 kemudian cetak kartu tanda peserta. Kemudian karena saya masih awam tentang dunia CPNS saya bertanya-tanya kepada ketua RT saya :
Saya      : “Pa RT kalau mau bikin SKCK sama Kartu Kuning biasanya dimana yah ?”
Pak RT  : “Emangnya buat apaan lamar kerja atau apa ?”
Saya      : “Buat CPNS pak”
Pak RT  : “Oh kalau buat itu sebaiknya di Polres Bekasi, tetapi sekarang lagi rame-ramenya
                  bikin karena ada lowongan untuk menjadi CPNS”
Saya      :  “Oh begitu, emangnya berapa lama biasanya bikin SKCK sama Kartu Kuning?”

Pak RT  : “Biasanya sih Cuma sehari doang langsung jadi, tapi karena ini lagi pada rame
                   mungkin bisa sampai seminggu”
Saya      : “Makasih pak RT atas informasinya”

                    Keesokan harinya saya langsung pergi ke kantor Polres Bekasi untuk membuat SKCK, saya juga sudah mempersiapkan semua syarat-syarat apa saja untuk membuat SKCK. Sesampainya disana ternyata sudah rame banget padat banyak orang yang sudah mengantri padahal ini baru pukul 07.30 sedangkan polres bukanya jam 08.00. Lalu saya mulai mengantri sambil berdesak-desakan karena sangking penuhnya yang membuat SKCK. Yang bikin pengalaman ini berkesan disini harus butuh perjuangan dan kesabaran untuk membuatnya dan ternyata benar yang dikatakan oleh Pak RT jadinya seminggu saya hampir seminggu ini bolak balik mengurus SKCK. Lalu setelah itu saya membuat kartu kuning dan Surat keterangan sehat , kalau yang dua ini cepat hanya sehari saja langsung sudah jadi. Saya bikin Kartu kuning di dekat kantor walikota bekasi dan untuk surat keterangan sehat di puskesmas terdekat.
                       Setelah semuanyaa persyaratan selesai saya kembali mengecek website Kementerian Keuangan bahwa besok disuruh mengambil kartu peserta untuk ujian test dan mengambilnya itu di STAN Bintaro Tanggerang. Butuh perjuangan lagi jarak dari rumah saya ke STAN sangat jauh sekitar 3 jam di perjalanan untuk mencapai kesana. Setibanya disana saya mengantri lagi untuk pengambilan kartu karena begitu rame yang mengambil pada hari ini. Setelah dapat kartunya test akan dilaksanakan pada hari Juma’t dan saya akan kembali lagi ke STAN pada hari Juma’t sungguh perjuangan yang luar biasa.
                   Tiba hari dimana Test saya sudah berusaha belajar dan mencari soal-soal cpns di google dan buku-buku lain apapun hasilnya nanti setidaknya saya sudah berusaha maksimal. Testpun berakhir pengumuman akan dilakukan pada seminngu setelah test tersebut saya mulai deg-degan dan tak berhenti saya terus berdoa agar bisa lolos ke tahap selanjutnya. Tetapi pas saya check di hari pengumumannya saya tidak lolos tidak ada nama saya di daftar, yang buat saya bingung adalah yang keterima cuma 25orang sedangkan di website dibutuhkan 100 orang. Kalau kata tetangga saya yang sudah berpengalaman itu adalah orang dalam yang dulunya kerja disitu sudah 10 tahun diangkat menjadi PNS, mungkin emang belum rezeki buat saya tapi saya akan tetap berusaha terus agar cita-cita saya tercapai.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: