INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

19.11 0 Comments

      3. INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT
1.      PERTUMBUHAN INDIVIDU

A.    PENGERTIAN INDIVIDU
           Individu berasal dari kata latin individdum artinya yang tak berbagi. Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapt dibagi, melainkan sebagai kesatuan yang terbatas, yaitu sebagai manusia perseorangan. Dapat disimpulkan bahwa individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya, melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya.
B.     PENGERTIAN PERTUMBUHAN
            Pertumbuhan adalah suatu perubahan yang menuju arah yang lebihmaju dan lebih dewasa. Dapat dirumuskan suatu pengertian tetntang proses asosiasi yaitu terjadinya perubahan pada seseorang secara tahap demi tahap karena pengaruh baik dari pengalaman atau empiris luar melalui panca indera.
C.     FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN
a)      Pendirian nativistik
b)     Pendirian Empiristik dan Environmentalistik
c)      Pendirian Konvergensi dan Interaksionisme
d)     Tahap pertumbuhan individu berdasar psikologi
a.      Masa Vital
b.      Masa Estetik
c.       Masa Intelektual (masa keserasian bersekolah)
d.      Masa Remaja

2.      FUNGSI-FUNGSI KELUARGA
                    Keluarga adalah unit/satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Tidaklah dipungkiri, bahwa sebenarnya keluarga mempunyai fungsi yang tidak hanya terbatas selaku penerus keturunan saja. Keluarga sebagai kelompok pertama yang dikenal individu sangat berpengaruh secara langsung terhadap perkembangan individu sebelum maupun sesudah terjun langsung secara individual di masyarakat.
A.    PENGERTIAN FUNGSI KELUARGA
               Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan di dalam atau oleh keluarga itu
B.     MACAM-MACAM FUNGSI KELUARGA

a.      Fungsi Biologis
b.      Fungsi Pemeliharaan
c.       Fungsi Ekonomi
d.      Fungsi Keagamaan
e.       Fungsi Sosial
                     
3.      INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT
1.      PENGERTIAN INDIVIDU
       Individu berasal dari kata latin individdum artinya yang tak berbagi. Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapt dibagi, melainkan sebagai kesatuan yang terbatas, yaitu sebagai manusia perseorangan.
2.      PENGERTIAN KELUARGA
         Durkheim berpendapat bahwa keluarga adalah lembaga sosial sebagai hasil faktor-faktor politik, ekonomi dan lingkungan. Kihajar Dewantara berpendapat bahwa keluarga adalah kumpulan beberapa orang yang karena terkaitoleh satu turunan lalu mengerti dan merasa berdiri sendiri sebagai satu gabungan itu untukmemuliakan masing-masing anggotanya.
3.      PENGERTIAN MASYARAKAT
           Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya. Tatanan kehidupan, norma-norma yang mereka miliki itulah yang menjadi dasar kehidupan sosial dalam lingkungan mereka.

4.      HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT
A.    MAKNA INDIVIDU
          Manusia adalah makhluk individu. Makhluk individu berarti makhluk yang tidak dapat dibagi-bagi, tidak dapat dipisah-pisahkan antara jiwa dan raganya.
B.     MAKNA KELUARGA
           Keluarga merupakan kelompok primer yang paling penting di dalam masyarakat dan merupakan satu kesatuan sosial .
C.     MAKNA MASYARAKAT
1.      R.Linton : Seorang ahli antropologi mengemukakan, bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang telah cukup lamahidup dan bekerja sama.

5.      URBANISASI DAN URBANISME
        Urbanisasi adalah suatu proses berpindahnya penduduk dari desa ke kota atau dapat pula dikatakan bahwa urbanisasi merupakan proses terjadinya masyarakat perkotaan.


Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: