RINGKASAN MATERI MANUSIA DAN KEINDAHAN

06.03 0 Comments




RINGKASAN MATERI MANUSIA DAN KEINDAHAN

KEINDAHAN
             Didalam kehidupan, manusia tentu akan merasakan atau melihat suatu keindahan. Keindahan adalah sesuatu yang sangat menenangkan jika kita melihat ataupun memperhatikan. membuat kita terkesima dan terpaku saat melihat dan memperhatikannya. Keindahan sesuatu yang baik, sesuatu yang cantik dan sesuatu yang menenangkan serta membuat kita nyaman. Manusia dikatakan indah itu relatif misalnya indah dari wajahnya , indah dari perilakunya ataupun indah dalam etika sopan santunnya.
Di dalam Keindahan terdapat Perbedaan dan Pengertiannya :
Perbedaan menurut luasnya:
a. Keindahan dalam arti luas
b. Keindahan dalam arti estetis murni
c. Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungan penglihatan

Pengertian dalam arti seluas-luasnya meliputi:
- Keindahan seni
- Keindahan alam
- Keindahan moral
- Keindahan intelektual




HUBUNGAN MANUSIA DAN KEINDAHAN
Manusia dan keindahan memang tak bisa dipisahkan sehingga kia perlu melestarikan bentuk dari keindahan yang telah dituangkan dalam berbagai bentuk kesenian (seni rupa, seni suara maupun seni pertunjukan). Manusia yang menikmati keindahan berarti manusia mempunyai pengalaman keindahan. Pengalaman  keindahan biasanya bersifat terlihat (visual) atau terdengar (auditory) walaupun tidak terbatas pada dua bidang tersebut.


Keindahan akan terus terjaga didalam kehidupan manusia apabila manusia itu sendiri dapat menjaga sesuatu yang mereka anggap indah. Contoh nya seperti ruangan yang sudah tertata dengan indah dan bagus tetapi akhirnya ruangan tersebut berantakan karena ulah manusia itu sendiri maka keindahan nya akan memudar. Jaga keindahan, maka akan tercipta sesuatu yang dapat menyenangkan hati dan pikiran manusia.


Contoh Hubungan Manusia Dan Keindahan
-          Contohnya seperti seseorang wanita yang mempunyai rambut yang indah dengan tergurai panjang serta halus untuk disentuh.
-          Keindahan seni yaitu keindahan yang dapat dirasakan atau dilihat melalui pembuatan hasil dari karya-karya seni. Contoh nya seperti karya seni patung,lukisan,musik dan lain sebagainya.
-          Keindahan alam yaitu keindahan yang dapat dirasakan melalui penglihatan untuk pesona alam. Contoh nya seperti melihat matahari terbit dipantai atau melihat luasnya hamparan rumput dengan ditumbuhi penuh bunga.


RENUNGAN
          Renungan berasal dari kata renung; artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung. Sedangkan dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah buah pikiran. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori, antara lain:
ü  Teori Pengungkapan
ü   Teori Metafisik
ü   Teori Psikologis.

KESERASIAN
Keserasian berasal dari kata serasi dan dari kata dasar rasi, artinya cocok, kena benar, dan sesuai benar. Kata cocok, kena dan sesuai itu mengandung unsur perpaduan, pertentangan, ukuran dan seimbang.
Di dalam Keserasian terdapat beberapa teori antara lain :
Ø  Teori Subyektif dan Obyektif
Teori obyektif berpendapat, bahwa keindahan atau ciri-ciri yang mencipta nilai estetik adalah sifat (kualita) yang memang telah melekat pada bentuk indah yang bersangkutan, terlepas dari orang yang mengamatinya. Teori subyektif, menyatakan bahwa ciri-ciri yang menciptakan keindahan suatu benda itu tidak ada, yang ada hanya perasaan dalam diri seseorang yang mengamati sesuatu benda.


Ø  Teori Perimbangan
Teori perimbangan tentang keindahan dari bangsa Yunani Kuno dulu dipahami pula dalam arti yang lebih terbatas, yakni secara kualitatif yang diungkapkan dengan angka-angka. Keindahan dianggap sebagai kualita dari benda-benda yang disusun (yakni mempunyai bagian-bagian).






Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: