RINGKASAN MATERI MANUSIA DAN PENDERITAAN

08.45 0 Comments



RINGKASAN MATERI MANUSIA DAN PENDERITAAN

Disini saya akan menjelaskan tentang manusia dan penderitaan. Penderitaan ini muncul disebabkan hubungan antara manusia dengan lingkungan sekitarnya baik dengan antar sesama manusia ataupun dengan alam. Penderitaan ini dapat muncul karena ketidak harmonisan antara elemen satu dengan yang lainnya. contohnya pada hubungan dalam bermasyarakat, ada kalanya didalam bermasyarakat terdapat perbedaan pendapat yang dapat menimbulkan perselisihan diantara satu dengan yang lainnya, hal ini bisa saja mengakibatkan timbulnya rasa dengki, marah, bahkan saling menuduh atau menjelek-jelekan. Pada saat saling menuduh atau menjelek-jelekan sesama lain maka akan muncul rasa penderitaan atau rasa beban, kesal, benci dan yang lainnya sehingga itu menggangu pikiran manusia yang mengalami penderitaan tersebut.

 Pengertian Penderitaan
            Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta yaitu dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Berbagai kasus penderitaan terdapat dalam kehidupan. Banyaknya macam kasus penderitaan sesuai dengan liku-liku kehidupan manusia

Siksaan
Di dalam cankupan materi penderitaan terdapaat siksaan, siksaan ini merupakan bagian dalam penderitan berikut saya akan menjelaskannya :

 Siksaan atau penyiksaan (Bahasa Inggris: torture) digunakan untuk merujuk pada penciptaan rasa sakit untuk menghancurkan kekerasan hati korban. Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan atau jasmani, dan dapat juga berupa siksaan jiwa atau rohani. Akibat siksaan yang dialami seseorang, timbullah penderitaan. Segala tindakan yang menyebabkan penderitaan, baik secara fisik maupun psikologis, yang dengan sengaja dilakukkan terhadap seseorang dengan tujuan intimidasi, balas dendam, hukuman, sadisme, pemaksaan informasi, atau mendapatkan pengakuan palsu untuk propaganda atau tujuan politik dapat disebut sebagai penyiksaan.
Contoh kasusnya adalah perbuatan buruk manusia itu sendiri maka tuhan memberikan siksaan tersebut. contoh nya seperti seseorang  yang selalu bersikap sombong dan tidak pernah memberikan sedikit harta yang ia miliki terhadap orang-orang miskin. Pada akhirnya orang tersebut diberikan azab/siksaan dari tuhan yang membuat ia menjadi jatuh miskin bahkan lebih miskin dari orang-orang disekitarnya kemudian orang tersebut merasa menderita dengan apa yang ia miliki sekarang dengan kehidupan yang serba tidak bercukupan.

Penderitaan, Media Massa Dan Seniman

Media masa merupakan alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa penderitaan manusia secara cepat kepada masyarakt. Dengan demikian masyarakat dapat segera menilai untuk menentukan sikap antara sesama manusia terutama bagi yang merasa simpati. Tetapi tidak kalah pentingnya komunikasi yang dilakukan para seniman melalui karya seni, sehingga para pembaca, penontonnya dapat menghayati penderitaan sekaligus keindahan karya seni. Sebagai contoh bagaimana penderitaan anak bemama Arie Hangara yang mati akibat siksaan orang tuanya sendiri yang difilmkan dengan judul “Arie Hangara”.

Penyebab Munculnya Penderitaan
 Berdasarkan sebab-sebab timbulnya penderitaan, maka penderitaan manusia dibagi menjadi 2 kelompok yakni :
1.      Penderitaan yang muncul karena perbuatan buruk manusia.
2.      Penderitaan yang muncul karena suatu penyakit/siksaan.

Pengaruh Penderitaan
 Berikut ini salah satu contoh sikap dari  pengaruh penderitaan dalam hal negitif dan positif :
·         Sikap negative misalnya penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, atau ingin bunuh diri. Kelanjutan dari sikap negatif ini dapat timbul sikap anti, misalanya anti kawin atau tidak mau kawin, tidak punya gairah hidup, dan sebagainya.
·         Sikap positif yaitu sikap optimis mengatasi penderitaan, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan, melainkan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan dan penderitaan itu adalah hanya bagian dari kehidupan. Sikap positif biasanya kreatif, tidak mudah menyerah, bahkan mungkin timbul sikap keras atau sikap anti. Misalnya sifat anti kawin paksa, ia berjuang menentang kawin paksa, dan lain lain.
             
             MIND MAP


Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: