Hubungan Manajemen & Organisasi
Hubungan Manajemen Organisasi
Landasan Teori
•M Manajemen adalah proses kegiatan
pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung
pengertian adanya hubungan timbale balik antara kegiatan dan kerjasama disatu
pihak dengan tujuan di pihak lain.
Untuk dapat mencapai tujuan terasebut
maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungssional
dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu
kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa
fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan.
Jadi, dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi, demikian eratnya dan
kekalnya (consistency) hubungan antara manajemen dan organisasi.
• Menurut saya hubungan manajemen dengan
organisasi adalah suatu proses yang menghasilkan sesuatu atau tujuan kita dari
awalnya. Seperti kita ingin membuat produk apa atau semacamnya maka dibutuhkan
semua orang untuk melakukannya tidak bisa dilakukan dengan sendiri. Diperlukan
orang untuk me manage tujuan kita tersebut agar berhasil sesuai target kita.
Agar lancar dalam melaksanakannya kita perlu bekerja sama dengan orang lain
atau ber organisasi supaya lebih efektif dan efisien dalam mengerjakannya.
• MANAJEMEN
•L Landasan Teori
•m Manajemen adalah suatu proses yang terdiri
dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan
pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan
yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya
lainnya.Dalam mencapai tujuannya kegiatan manajemen harus dapat menyatukan
tenaga,uang,metode,bahan,mesin dan keahlian pemasaran serta segala fasilitas
lainnya yang dibutuhkan,sehingga apa yang diharapkan dapat tercapai dengan
efektif.
•• Menurut saya pengertian Manajemen adalah
memanage sesuatu atau misalnya sebuah perusahaan agar di dalam perusahaan
tersebut dapat efektif dan efisien karena adanya manajemen atau pengendalian di
dalamnya, serta mentukan tujuan dan target yang kita inginkan berjalan dengan
lancar. Dengan metode ini ita bisa melakukan strategi pemasaran atau marketing
dengan baik.
• ORGANISASI
•O organisasi pada dasarnya digunakan
sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara
rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali,
dalam memanfaatkan sumber daya uang, material, mesin, metode, lingkaran,
sarana-prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan
efektif untuk mencapai tujuan organisasi.Sebuah organisasi dapat terbentuk
karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti
penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan
perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat.
Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya
oleh masyarakat disekitarnya.
•• Menurut Saya organisasi adalah suatu
tempat atau wadah yang di dalamnya kita dapat mengexplore diri kita agar untuk
berkembang dengan cara bekerja sama dengan orang lain.Di dalam organisasi yg
kita ikuti terdapat visi dan misinya juga untuk tujuan yg membuat kita lebih
baik. Di organisasi kita bisa punya banyak temen dan menambah wawasan karena
disana kita saling sharing satu sama lain bertukar informasi. Di organisasi
juga kita dapat melatih diri kita untuk bersosialisasi terhadap orang lain dan
mampu berbicara di depan orang banyak.
•T TATA KERJA
•T Tata Kerja merupakan cara pekerjaan
dengan benar dan berhasil untuk mencapai tingkat efisien yang maksimal dengan
mempertimbangkan tujuan, fasilitas, tenaga kerja, waktu dan lain-lain yang
tersedia.
Menurut saya tata kerja adalah suatu urutan atau etika kita dalam bekerja sesuai aturan yg sudah di tentukan karena dengan itu kita bisa bekerja sacara maksimal , efektif dan efesien jadi tidak terbuang waktu yang percuma dengan sia-sia serta dapat menjamin adanya pembagian kerja waktu dan kordinasi yang tepat.
Menurut saya tata kerja adalah suatu urutan atau etika kita dalam bekerja sesuai aturan yg sudah di tentukan karena dengan itu kita bisa bekerja sacara maksimal , efektif dan efesien jadi tidak terbuang waktu yang percuma dengan sia-sia serta dapat menjamin adanya pembagian kerja waktu dan kordinasi yang tepat.
Hubungan Timbal balik Manajemen dan Organisasi
•
Manajemen adalah proses kegiatan
pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung
pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama disatu
pihak dengan tujuan di pihak lain.
•
Untuk dapat mencapai tujuan terasebut maka
perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungssional dapat
diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama
yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi
organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Jadi,
dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi, demikian eratnya dan kekalnya
(consistency) hubungan antara manajemen dan organisasi.
Jadi dapat saya simpulkan Hubungan Timbal balik Manajemen dan Organisasi yaitu sesuatu yang saling membutuhkan atau berkaitan satu sama lain misalnya dalam perusahaan terdapat Manajemen maka perusahan tersebut bisa me manage perusahaan tersebut agar mencapai tujuannya dengan bekerja sama orang lain maka dibutuhkan organisasi . Organisasi disini berperan agar setiap orang yang berada diperusahaan bisa bekerja sama dengan baik dan efektif serta efisien dalam mengerjakan sesuatu, sehingga tujuan bisa dicapai bersama. Jika tidak ada salah satunya maka akan terjadi tidak keseimbangan di dalam perusahaan yang berakibat bangkrut.
Daftar Pustaka :
roniraffa.blogspot.com/.../hubungan-antara-manajemen-organisasi.htm
http://tyaskartika.blogspot.com/2011/10/hubungan-manajemen-organisasi-dan-tata.html
0 komentar: