PEMUDA DAN SOSIALISASI

19.37 0 Comments

BAB 4
PEMUDA DAN SOSIALISASI
1. INTERNALISASI   BELAJAR  DAN  SPESIALISASI
Ø  ORIENTASI MENDUA
Adalah  orientasi yang berturnpu  pada harapan  orang tua, masyarakat  dan bangsa  yang sering bertentangan    dengan   keterikata serta  loyalitas   terhada peer  (teman  sebaya), apakah   itu  di  lingkungan    belaja (sekolah)   atau  di  luar  sekolah.
Ø  PERAN MEDIA MASA
Menurut   Zulkarimen    Nasution,    dewasa   ini  tersedia   ban yak   pilihan   isi informasi. Dengan  demikian kesan  semakin   perrnisitnya    masyarakat   juga  tercermin pada  isi media  yang  beredar.
2.  PEMUDA DAN IDENTITAS
         Pemuda  adalah  suatu generasi  yang dipundaknya  terbebani  bermacam­ macam  harapan,  terutama  dari  generasi  lainnya.  Hal  ini  dapat  dimengerti karena pemuda diharapkan sebagai generasi penerus, generasi yang akan melanjutkan  perjuangan  generasi  sebelumnya,  generasi  yang  harus mengisi dan melangsungkan  estafet pembangunan  secara terus menerus.
Ø Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda
Pola Pembinaan dan Pengembangan  Generasi Muda adalah agar semua pihak yang turut serta dan berkepentingan  dalam penanganannya  benar-benar menggunakan sebagai pedoman sehingga pelaksanaannya dapat terarah, menyeluruh   dan  terpadu   serta  dapat  mencapai   sasaran  dan  tujuan. yang dimaksud.

Ø  Masalah Patensi Dan Generasi Muda
a.      Dirasa  menurunnya  jiwa  idealisme,   patriotisme   dan  nasionalisme   di kalangan  masyarakat  termasuk  generasi  muda
b.      Kekurang pastian yang dialami oleh generasi  muda terhadap  masa depannya.
c.       Belum seimbangnya antara jumlah generasi  muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik yang formal maupun non formal.
d.      Kurangnya kesempatan lapangan pekerjaan serta tingginya tingkat penganguran
e.       Meningkatnya kenakalan remaja termasuk penyalahgunaan narkotika.
f.       Masih banyak perkawinan dibawah umur , terutama dikalangan masyarakat pedesaaan.
g.    Kurangnya   gizi  yang  dapat  menyebabkan    hambata bagi  perkembangan kecerdasan     dan   pertumbuhan      bada di  kalangan    generasi    muda



2.  POTENSI-POTENSI GENERASI MUDA/PEMUDA
a.      Idealisme Dan Daya Kritis
b.      Dinamika Dan Kreatifitas
c.       Keberanian Mengambil Resiko
d.      Optimis Dan Kegairahan Semangat
e.       Sikap Kemandirian Dan Displin Murni
f.       Terdidik
g.      Keanekaragaman Dalam Persatuan Dan Kesatuan
h.      Patriotisme Dan Nasionalisme
i.        Sikap Kesatria
j.        Kemampuan Menguasai Ilmu Dan Teknologi
3. PERGURUAN DAN PENDIDIKAN
a.      MENGEMBANGKAN POTENSI GENERASI MUDA
      Sebagaimana     upaya   bangsa   Indonesia    untuk   mengembangkan      potensi tenaga    generasi     muda    agar    menjadi     inovator-inovator        yang    memiliki keterampilan    dan  skill  berkualitas    tinggi. Pembinaan   sedini  mungkin  difokuskan   kepada  angkatan  muda  pada  tingkat SL TP/SL T A, dengan  cara penyelenggaraan    lomba  karya  ilmiah  tingkat  nasional oleh  lembaga  Ilmu  Pengetahuan    Indonesia   (LIPI).  Pembinaan     dan   pengembangan      potensi    angkatan    muda   pada   tingkat perguruan   tinggi,  lebih  banyak  diarahkan   dalam  program-program     studi  dalam berbagai  ragam  pendidikan   formal.  Mereka  dibina  digembleng   di laboratorium­ laboratorium    dan  pada  kesempatan-kesempatan       praktek   lapangan. 
Kaum    muda  -,memang     betul-betul       merupakan      suatu    sumber     bagi pengembangan      masyaraka     dan   bangsa.    Oleh   karena    itu,   pembinaan     dan perhatian   khusus   harus  diberikan   bagi  kebutuhan   dan  pengembangan    potensi mereka.


b.      PENDIDIKAN DAN PERGURUAN TINGGI

             Perguruan tinggi disini mempunyai arti peranan yang penting bagi generasi muda , yaitu membentuk karakter masing-masing pribadi. Dengan kita masuknya Perguruan tinggi kita bisa mengetahui kemampuan dan minta kita terhadap jurusan yang kita pilih , serta dapat mengembangkan bakat yang kita punya.

             Generasi muda akan jadi lebih baik ketika memasuki Perguruan tinggi disana banyak belajar cara berorganisasi atau hal positif lainnya, sehingga generasi muda kelak dapat berguna bagi nusa dan bangsa.


Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: